Jumat, 04 Mei 2012

Pemain Sepakbola Top Dunia yang Pernah Bermain di Indonesia

Ok, walaupun liga sepakbola di Indonesia kurang begitu terkenal, namun hal itu tidak mengurungkan niat beberapa pemain sepakbola top dunia ini untuk bermain di Indonesia. Berikut adalah orang-orangnya :
1. Roger Milla (Pelita Jaya & Putra Samarinda / 1994-1996)
 Seorang penyerang yang lahir di Younde, Kamerun 59 tahun yang lalu. Ia dikenal sebagai pemain hebat yang telat bersinar. Ia mengambil hati dunia sepakbola saat mencetak 4 gol di Italy '90 dengan usia 38 tahun dan selalu bermain sebagai pemain cadangan. Di Piala Dunia ini juga ia menjadi pesepakbola yang pertama kali memamerkan selebrasi setelah mencetak gol. Di Piala Dunia AS '94, ia menjadi pemain dan pencetak gol tertua di Piala Dunia saat berusia 42 tahun. Rekor itu masih bertahan hingga kini. Di level klub, Milla melambung saat memperkuat Montpellier di Liga Prancis. Pada 1994, Pelita Jaya membelinya dari klub Tonnere Kamerun. Di Pelita ia berain 23 kali dan mencetak 23 gol !

2. Mario Kempes ( Pelita Jaya/ 1996)
 Mario Alberto Kempes Chiodi  lahir di Bell Ville, Argentina, 15 Juli 1954, merupakan pesebakbola legendaris dari Argentina (lebih melegenda daripada Lionel Messi ! ). Ia bermain 184 kali bersama Valencia di 2 kurun berbeda, 1977–1981 dan 1982–1984, dan mencetak 116 gol. Ia juga 2 kali menjadi top skor Liga Spanyol. Pada tahun 1996, Pelita Jaya merekrutnya sebagai pemain merangkap pelatih.

3. Richard Knopper ( PSM Makassar / 2011) 
  Pemain 67 kali memperkuat Ajax Amsterdam dan mencetak 19 gol. Ia mendapatkan predikat Most talented Player dan mendapatkan Tropi Marco Van Basten pada 1999. Pada 2011, ia pindah dari ADO Den Haag ke
PSM Makassar yg bermain di Liga Primer Indonesia garapan Arifin Panigoro. Sayang ia cuma bisa menctak 2 gol dalam 16 pertandingan.


4. Lee Hendrie (Bandung FC / 2011)
 Bermain di Aton villa sejak tahun 19957 hingga 2007, ia merupakan sosok gelandang playmaker yang handal. Ia pun menjadi anggota timnas Inggris U21. pada 2011, ia pindah ke Bandung FC, tim baru yang bermain di LPI. Sama seperti knopper, ia juga kuang berkembang di Indonesia, dan kembali ke Inggris setelah hanya beberapa bulan bermain di Indonesia.
5. Amaral (Manado United & Persebaya 1928 / 2011-2012)
Alexandre Da Silva mariano atau biasa dipanggil Amaral adalah pesepakbola terkenal lain yang pernah dan sampai saat ini masih bermain di Indonesia. Ia didatangkan konsorsium LPi untuk meramaikan Liga Primer dan bermain untuk Manado United di awal kedatangannya. di Manado ia bermain 13 kali dan mencetak 1 gol. Setelah LPI berhenti di tengah musim, ia pindah ke musim ini ke Persebaya 1928. Di Persebaya, ia menjadi jendral lapangan tengah bersama gelandang kreatif muda Indonesia, Taufiq.Ia pun berhasil membawa Persebaya juara Unity Cup 2012 melawan tim Malaysia. Sebelum bermain di Indonesia, ia pernah bermain di Parma, Benfica, Fiorentina dan besiktas. Ia juga pernah memenangi Medali Perunggu Olimpiade Atlanta 1996 bersama timnas Brazil.
6. Piere Njanka (Persija, Arema, Aceh United, Mitra Kukar dan Persisam Pusam / 2008-sekarang)
 Mungkin Piere Njanka ini yang paling akrab bagi penonton sepakbola Indonesia. Maklum ia adalah kapten Arema saat juara Liga Super 2010. Ia juga pernah bermain di persija dan mitra Kukar. Ia barusaja hijah ke Persisam Putra Samarinda.Njanka terkena sebagai pemain yang pernah bermain di Piala Dunia '98 dan 2002.
7. Luc Owaa Zoa (Persisam Pusam / 2011-sekarang )
 Nama diatas memang kurang terkenal d sepakbola dunia, namun Luc Zoa pernah bermain di Spartak Moscow dan klub yang akhir-akhir ini banyak dibicarakan orang, Anzhi Makhackala. Di tim yang kini dilatih Guus Hiddink ini, ia bermain 71 kali dari 2005 sampai 2007. Kini ia memperkuat Persisam Pusam.
8. Peter White (Timnas Indonesia / 2004-2007)
 Peter Withe datang ke Indonesia sebagai pelatih setelah 2 kali membawa Thailand juara Piala Tiger. Namundi  Timnas, ia hanya mempersembahkan satu runner-up di tahun 2004.Saat masih bermain, Withe adalah seorang striker. Ia menjuarai  Football League First Division bersama Nottingham Forest. Dia juga menjadi pencetak gol semata wayang Aston Villa di final Piala Champions 1982 melawan Bayern Munchen dan berhasil juara.
Itu adalah beberapa pemain top dunia yang pernah dan masih merumput di Indonesia. Harapannya, dengan adanya pemain-pemain profesional tersebut, Liga indonesia bisa menjadi lebih baik lagi dan semoga dualisme kompetisi segera berakhir. 
Tambahan, ada rumor bahwa beberapa pemain top dunia lain juga sedang diminati oleh tim-tim Indonesia terkait nilai transfer yang tidak terlalu besar. Hernan Crespo yang terakhir bermain di India bahkan disebut-sebut akan bermain di Indonesia. Semoga saja. haha

0 komentar:

Poskan Komentar